Kamis, 22 Januari 2015

8. BAB MACAM I'RAB


 ※ Berkata Ibnu Ajurrum Rahimahullah :

وَأَقْسَامُهُ أَرْبَعَةٌ ﺭَﻓْﻊٌ وَنَصْبٌ وَخَفْضٌ وَجَزْمٌ. فَلِلْأَسْمَاءِ مِنْ ذَلِكَ الرَّفْعُ وَالنَّصْبُ وَالْخَفْضُ وَلَا جَزْمَ فِيهَا. وَلِلْأَفْعَالِ مِنْ ذَلِكَ الرَّفْعُ وَالنَّصْبُ وَالْجَزْمُ وَلَا خَفْضَ فِيهَا.

Pembagian i’rab ada empat : rafa’, nashab, khafdh, dan jazm. Isim dapat menerima i’rab rafa’, nashab, dan khafdh; tidak menerima jazm padanya. Fi’il dapat menerima i’rab rafa’, nashab, dan jazm ; dan tidak menerima khafdh padanya.

※ Syeh Muhammad Muhyidin Berkata :

* Macam macam i’rab yang terjadi pada isim dan fi’il ada empat: rafa’, nashab, khafdh, dan jazm. Masing masing kata ini mempunyai makna dari sisi bahasa dan makna secara istilah ahli nahwu.

1. Adapun rafa’ secara bahasa artinya al 'uluwwun/tinggi dan al irtifaa'/naik. Secara istilah adalah perubahan khusus yang ditandai dengan dhammah atau tanda lain yang menggantinya. Sebentar lagi engkau akan tahu apa pengganti dhammah pada pasal yang akan datang, insya Allah.

* I'rab Rafa’ yang terjadi pada isim dan fi’il,

* Contoh :

 يَقُومُ عَلِيٌّ  - Ali sedang berdiri

 يَصْدَحُ الْبُلْبُلُ - Burung bulbul itu bekicau

2. Adapun nashab secara bahasa adalah al istiwaa/tegak dan al istifaamah/lurus. Secara istilah nashab adalah perubahan khusus yang ditandai dengan fathah atau yang menggantikannya. Nashab terdapat pada isim dan fi’il juga.

* Contoh :

لَنْ أُحِبَّ الْكَسَلَ - Saya tidak suka kemalasan


3. Adapun khafdh secara bahas
 adalah attasafful/menurunkan. Secara istilah, khafdh adalah perubahan khusus yang ditandai dengan kasrah atau yang menggantikannya. Khafdh hanya terdapat pada isim.

* Contoh :

تَأَلَّمْتُ مِنَ الْكَسُولِ -
Saya merasa sakit dari orang orang yang malas

4. Adapun jazm secara bahasa adalah al qoth'u/memotong. Secara istilah, jazm adalah perubahan khusus yang ditandai dengan sukun atau yang menggantikannya. Jazm hanya terdapat pada fi’il mudhari’.

* Contoh :

لَمْ يَفُزْ مُتَكَاسِلٌ -
Orang yang bermalas malasan tidak akan.meraih keberhasilan

* Anda telah mengetahui bahwa i’rab terbagi menjadi tiga bagian :

1. Bagian yang bisa masuk pada isim dan fi'il, yakni rafa’ dan nashab

2. Bagian khusus untuk isim, yaitu khafdh

3. Bagian khusus untuk fi’il, yaitu jazm.

 ★ Sumber :

* Terjemah Tuhfatus Saniyah Muhammad Muhyidin Hal 38-39

* http://ismailibnuisa.blogspot.in/2013/06/at-tuhfatus-saniyyah-macam-macam-irab.html

※ Forum Belajar Bahasa Arab ※