Sabtu, 21 Maret 2015

18. BAB TANDA I'RAB KHOFADH DAN TEMPAT TEMPATNYA


★ Berkata Ibnu Ajurrum Rahimahullah :

وَلِلْخَفْضِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ: الْكَسْرَةُ وَالْيَاءُ وَالْفَتْحَةُ.

* Khafadh memiliki tiga tanda , kasrah, huruf ya`, dan fathah.


★ Berkata Muhammad Muhyidin

* Engkau bisa mengetahui suatu kata itu majrur jika engkau mendapati padanya salah satu dari tiga tanda.

Pertama adalah kasrah, dan ini adalah tanda asli i'rab khafdh.

Kedua adalah huruf ya`.

Ketiga adalah Fathah.

Keduanya merupakan cabang dari pengganti kasrah. Masing masing dari tiga tanda ini memiliki tempat-tempat yang dia menjadi tanda khafadh bagi tempat tersebut. Sebentar lagi Kami akan sebutkan hal ini secara rinci.

★ Berkata Ibnu Ajurrum Rahimahullah :

فَأَمَّا الْكَسْرَةُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ: فِي الْإِسْمِ الْمُفْرَدِ الْمُنْصَرِفِ وَجَمْعِ
التَّكْسِيرِ الْمُنْصَرِفِ وَجَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ.

* Adapun kasrah menjadi tanda i'rab khafadh pada tiga tempat yakni pada isim mufrad munsharif , jamak taksir yang munsharif, dan jamak mu`annats salim.

★ Berkata Muhammad Muhyidin :

* Kasrah memiliki tiga tempat yang pada ketiga tempat tersebut,kasroh menjadi tanda bahwa isim yang menempati tempat tersebut adalah makhfudh/jar.

1. Isim Mufrad Yang Munsharif.

* Engkau telah mengetahui makna isim itu mufrad. Adapun makna munsharif adalah, bahwa sharf dapat melekat diakhir kata tersebut, dan yang dimaksud sharf disini adalah tanwin.

Contoh :

سَعَيۡتُ إِلَى مُحَمَّدٍ,

Saya berjalan untuk bertemu Muhammad

 رَضِيتُ عَنۡعَلِيٍّ,

Saya ridho terhadap Ali


اسۡتَفَدۡتُ مِنۡ مُعَاشَرَةِ خَالِدٍ,

Saya telah mendulang faidah dari pergaulan dengan Khalid

 أَعۡجَبَنِي خُلُقُ بَكۡرٍ

Menarik hatiku akhlak Bakr

* Masing masing dari kata مُحَمَّدٍ dan عَلِيٍّ adalah makhfudh/majrur karena masuknya huruf jar pada kata kata tersebut. Tanda khafdhnya adalah kasrah zhahirah/yang nampak.

* Dan setiap dari خَالِدٍ dan بَكۡرٍ adalah makhfudh karena di idhafahkan/ disandarkan oleh kata yang sebelumnya. Tanda khafdhnya kasrah yang nampak juga.

* Demikian juga kata kata  مُحَمَّدٌ وَعَلِيٌّ وَخَالِدٌ وَبَكۡرٌ adalah isim-isim mufrad dan munsharif karena diakhiri tanwin.

2. Jamak Taksir Yang Munsharif.

* Engkau telah mengetahui dari yang telah lalu apa itu makna jamak taksir. Dan engkau telah tahu pada tempat kasrah yang pertama(pada pembahasan diatas) apa itu makna isim itu munsharif.

* Contoh :

 مَرَرۡتُ بِرِجَالٍ كِرَامٍ

Saya berpapasan dengan laki laki yang mulia

 رَضِيتُ عَنۡ أَصۡحَابٍ لَنَا شُجۡعَانٍ

Saya ridho kepada sahabat sahabat kami yang pemberani.

* Masing masing dari kata رِجَالٍ dan أَصۡحَابٍ adalah makhfudh / majrur karena kata tersebut diawali dengan huruf jar/khafdh. Tanda khafdhnya adalah kasrah zhahirah/ yang nampak.

* Masing masing dari kata كِرَامٍ dan شُجۡعَانٍ juga makhfudh karena na’at dari kata kata yang dikhafdh. Tanda khafdhnya kasrah yang nampak juga.

* Dan رِجَالٌ، وَأَصۡحَابٌ، وَكِرَامٌ، وَشُجۡعَانٌ adalah jamak taksir yang munsharif karena diakhiri tanwin.

3. Jamak Mu`annats Salim.

* Engkau telah mengetahui dari pembahasan yang telah lewat apa itu makna jamak mu`annats salim.

* Contohnya :

 نَظَرۡتُ إِلَى فَتَيَاتٍ مُؤَدَّبَاتٍ

Saya melihat pemudi pemudi yang terpelajar

 رَضِيتُ عَنۡ مُسۡلِمَاتٍ قَانِتَاتٍ.

Saya ridho kepada para muslimat yang taat

* Masing masing dari kata فَتَيَاتٍ dan مُسۡلِمَاتٍ adalah makhfudh karena kata tersebut diawali oleh huruf khafdh. Tanda khafdhnya adalah kasrah yang nampak.

* Dan masing masing dari kata مُؤَدَّبَاتٍ dan قَانِتَاتٍ adalah makhfudh karena mengikuti isim yang dikhafdh. Tanda khafdhnya adalah kasrah yang nampak juga.

* Masing masing dari kata فَتَيَاتٍ, مُسۡلِمَاتٍ, مُؤَدَّبَاتٍ, dan قَانِتَاتٍ adalah jamak mu`annats salim.

★ Sumber :

* http://ismailibnuisa.blogspot.in/2013/08/at-tuhfatus-saniyyah-harakat-kasrah-dan.html

* Terjemahan Tuhfatus Saniyah Muhammad Muhyidin Hal 82-84

※ Forum Belajar Bahasa Arab ※